KONSEP DASAR PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (CIVIC EDUCATION)
MUHAMMAD NUMAN SOMANTRI MERUMUSKAN PENGERTIAN CIVICS SEBAGAI ILMU KEWARGANEGARAAN YANG
MEMBICARAKAN HUBUNGAN MANUSIA DENGAN:
- MANUSIA DALAM PERKUMPULAN-PERKUMPULAN YANG TERORGANISASI (SOSIAL, EKONOMI, POLITIK)
- INDIVIDU-INDIVIDU DENGAN NEGARA
- EDMONSON (1958) MENYATAKAN BAHWA MAKNA CIVICS SELALU DIDEFINISIKAN SEBAGAI SEBUAH STUDI TENTANG PEMERINTAHAN DAN KEWARGANEGARAAN YANG TERKAIT DENGAN KEWAJIBAN, HAK, DAN HAK-HAK ISTIMEWA WARGA NEGARA. PENGERTIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA CIVICS MERUPAKAN CABANG DARI ILMU POLITIK, SEBAGAIMANA TERTUANG DALAM DICTIONARY OF EDUCATION.
PENGERTIAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENURUT PARA AHLI
- AZYUMADI AZRA
PK ADALAH PENDIDIKAN YANG MENGKAJI DAN MEMBAHAS TENTANG
PEMERINTAHAN, KONSTITUSI, LEMBAGA-LEMBAGA DEMOKRASI, RULE OF LAW, HAM, HAK DAN
KEWAJIBAN WARGA NEGARA.
2. ZAMRONI
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ADALAH PENDIDIKAN DEMOKRASI YANG
BERTUJUAN UNTUK MEMPERSIAPKAN WARGA MASYARAKAT BERPIKIR KRITIS DAN BERTINDAK
DEMOKRATIS.
3. TIM ICCE UIN JAKARTA
PK ADALAH SUATU PROSES YANG DILAKUKAN OLEH LEMBAGA
PENDIDIKAN DIMANA SESEORANG MEMPELAJARI ORIENTASI, SIKAP DAN PRILAKU POLITIK
SEHINGGA YANG BERSANGKUTAN MEMILIKI POLITICAL KNOWLEDGE, AWARENESS, ATTITUDE,
POLITICAL EFFICACY DAN POLITICAL PARTICIPATION SERTA KEMAMPUAN MENGAMBIL
KEPUTUSAN POLITIK SECARA RASIONAL.
4. CIVITAS INTERNASIONAL
CIVIC EDUCATION ADALAH PENDIDIKAN YANG MENCAKUP PEMAHAMAN
DASAR TENTANG CARA KERJA DEMOKRASI DAN LEMBAGA-LEMBAGANYA, PEMAHAMAN TENTANG
RULE OF LAW, HAM , PENGUATAN KETERAMPILAN PARTISIPATIF YANG DEMOKRATIS,
PENGEMBANGAN BUDAYA DEMOKRATIS DAN
PERDAMAIAN.
VISI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI
PERGURUAN TINGGI
MERUPAKAN SUMBER NILAI DAN PEDOMAN DALAM PENGEMBANGAN DAN
PENYELENGGARAAN PROGRAM STUDI, GUNA MENGANTARKAN MAHASISWA MEMANTAPKAN
KEPRIBADIANNYA SEBAGAI MANUSIA SEUTUHNYA. HAL INI BERDASARKAN PADA SUATU
REALITAS YANG DIHADAPI, BAHWA MAHASISWA ADALAH SEBAGAI GENERASI BANGSA YANG
HARUS MEMILIKI VISI INTELEKTUAL, RELIGIUS, BERKEADABAN, BERKEMANUSIAN DAN CINTA
TANAH AIR DAN BANGSANYA.
MISI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI
PERGURUAN TINGGI
UNTUK MEMBANTU MAHASISWA MEMANTAPKAN KEPRIBADIANNYA, AGAR
SECARA KONSISTEN MAMPU MEWUJUDKAN NILAI-NILAI DASAR PANCASILA, RASA KEBANGSAAN
DAN CINTA TANAH AIR DALAM MENGUASAI, MENERAPKAN DAN MENGEMBANGKAN ILMU
PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN SENI DENGAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN BERMORAL.
KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN MAHASISWA ADALAH UNTUK MENJADI
ILMUWAN DAN PROFESIONAL YANG MEMILIKI RASA KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR,
DEMOKRATIS, BERKEADABAN. SELIN ITU AGAR MAHASISWA MENJADI WARGA NEGARA YANG
MEMILIKI DAYA SAING, BERDISIPLIN, BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MEMBANGUN
IKEHIDUPAN YANG DAMAI BERDASARKAN SISTEM NILAI PANCASILA.
LANDASAN HUKUM
- UUD 1945
1. PEMBUKAAN UUD 1945, KHUSUS ALINIA KE DUA DAN KEEMPAT,
YANG MEMUAT CITA-CITA TUJUAN DAN ASPIRASI BANGSA INDONESIA TENTANG
KEMERDEKAANNYA.
2.
PASAL 27 AYAT 1
3.
PASAL 30 AYAT I
4.
PASAL 31 AYAT 1
B. KETETAPAN MPR NO. II/MPR/1999 TTG GBHN
C. UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 1982 TTG KETENTUAN-KETENTUAN
POKOK PERTAHANAN KEAMANA NEGARA REPUBLIK INDONESIA
( JO UU NO.1 TAHUN 1988)
1. DALAM PASAL 18 (a) DISEBUTKAN BAHWA HAK KEWAJIBAN WARGA
NEGARA YANG DIWUJUDKAN DENGAN KEIKUT SERTAAN DALAM UPAYA BELA NEGARA
DISELENGGARAKAN MELALUI PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA SEBAGAI BAGIAN TAK
TERPISAHKAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
2. DALAM PASAL 19 (2) DISEBUTKAN BAHWA PENDIDIKAN
PENDAHULUAN BELA NEGARA WAJIB DIIKUTI OLEH SETIAP WARGA NEGARA DAN DILAKSANAKAN
SECARA BERTAHAP. TAHAP AWAL PADA TINGKAT PENDIDIKAN DASARSAMPAI PENDIDIKAN
MENENGAH ADA DALAM GERAKAN PRAMUKA. TAHAP LANJUTAN PADA TAHAP PENDIDIKAN TINGGI
ADA DALAM BENTUKPENDIDIKAN KEWIRAAN.
D. UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN
NASIONALDAN BERDASARKAN KEPUTUSAN MENTRI PENDIDIKAN NASIONAL NO. 232/U/2000
TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI DAN PENILAIANHASIL
BELAJAR MAHASISWA .
DAN NOMOR 45/U/2002 TENTANG
KURIKULUM INTI PENDIDIKAN TINGGI TELAH DITETAPKAN BAHWA PENDIDIKAN
AGAMA, PENDIDIKAN BAHASA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MERUPAKAN KELOMPOK
MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN, YANG WAJIB DIBERIKAN DALAM KURIKULUM
SETIAP PROGRAM STUDI /KELOMPOK PROGRAM STUDI.
E.PELAKSANAANNYA BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR
JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL NO. 43/DIKTI/KEP/2006,
YANG MEMUAT RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN KELOMPOK MATAKULIAH PENGEMBANGAN
KEPRIBADIAN DI PERGURUAN TINGGI.
0 komentar:
Post a Comment