Friday 2 May 2014

PEMROGRAMAN JAVA ARRAY



Array
7.1.   Tujuan
-          Mengerti dan memahami penggunaan Array pada Java

7.2.   Latar Belakang
Array merupakan serangkaian objek yang memiliki tipe yang sama. Pada sesi ini akan dibahas bagimana menggunakan fungsi array, menyimpan serta memanggil nilai-nilai yang  pada array.

7.3.   Array
Jika sekumpulan data digabungkan dalam satu unit, hasilnya adalah suatu struktur data. Data struktur dapat berupa struktur yang sangat kompleks, akan tetapi dalam banyak aplikasi, data struktur yang cocok hanya terdiri dari kumpulan data berurutan. Struktur data sederhana seperti ini bisa berupa array atau record.
            Tipe dasar suatu array bisa berupa tipe Java apa saja, baik berupa tipe primitif, nama kelas, atau nama interface. Jika tipe dasar suatu array adalah int, maka array tersebut disebut "array int". Suatu array bertipe String disebut "array String". Akan tetapi array bukan urutan int atau urutan String atau urutan nilai bertipe apapun. Lebih baik jika array adalah urutan variabel bertipe int atau String atau tipe lainnya.
Array adalah sekelompok variabel (disebut elemen atau komponen) yang mengandung nilai-nilai bahwa semua memiliki tipe yang sama. Untuk mengakses elemen tertentu pada array digunakan angka index. Index menunjukkan nomor urut dari posisi elemen yang ingin diakses dalam array.
Java memulai angga indeksnya dari 0, bukan dari 1.
Seperti halnya variabel, array harus dideklarasikan dulu sebelum digunakan. Berbeda dengan deklarasi variabel, pendeklarasian array dilakukan dengan menambahkan tanda kurung siku   ( [ ] ) setelah nama array.
Sintaks umum untuk mendeklarasikan array:
tipe_data nama_array[]
Contoh:
int array[];

Sintaks umum untuk menentukan kapasitas array:
nama_array = new tipe_data[kapasitas_array]
Contoh:
array = new int[5];
Catatan:
*        Array yang tidak diberi nilai, secara default akan bernilai 0
*        Index array tidak boleh melebihi kapasitas array tersebut

0 komentar:

Post a Comment